Makna Logo

Setiap lembaga/organisasi selalu identik dengan lambang/logo yang merupakan identitas dari lembaga atau organisasi yang bersangkutan. Dalam lambang tersebut tercermin filosofi yang luhur yang diusung serta cita-cita yang dicapai. Demikian halnya dengan  Pondok Pesantren Assahil, Tanjung Wangi, Waway Karya Lampung Timur yang mempunyai lambang pesantren sebagai berikut.

Filosofi Warna

Warna Biru   :  Melambangkan keluwesan bagi para santri dalam berfikir dan bertindak.

Warna Putih  : Melambangkan kebersihan dan kesucian hati serta ketengan dalam berfikir dan berdzikir. Yayasan, pengasuh dan tenaga pendidik sangat berhati-hati dalam mendidik dan membimbing para santri agar memiliki budi pekerti yang luhur.

Warna Hijau : Melambangkan sumber ketenangan dan kedamaian, diharapkan exsistensi Pondok Pesantren Assahil menjadi wadah untuk menenangkan jiwa dan hati para santri pada sang ilahi. Warana hijau juga merupakan warna kesukan baginda nabi Muhamad SAW

Warna Kuning : Melambangkan sikap optimis dan objektif, dengan harapan Pondok Pesantren Assahil memeliki santri-santri yang optimis dan bertindak objektif untuk memajukan agama, bangsa dan negaranya.

Warna Hitam: Melambangkan komitmen arah dan tujuan yang dicapai Pondok Pesantren Assahil di dunia pendidikan.

Garis Melengkung Dalam Tulisan Assahil : Melambangkan sikap kebulatan tekad dalam membuka wawasan yang luwas dan luwes yang cerdas dan aktual seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Garis melengkung juga melambangkan solidaritas terhadap sesama, memberikan naunggan dan perlindungan bagi semua lapisan.     

Tulisan Pondok Pesantren Assahil :  Merupakan nama yang disematkan oleh kaka kandung  pendidri Pondok Pesantren Assahil K.H. Muslih Zarkasih.

Tulisan Arab:  Melambangkan kesalafiyahan yang menunjukan bahwa Pondok Pesantren Assahil hadir ditengah masyrakat untuk mempertahankan kesalafiyahan (tradisi pondok pesantren) agar santri dapat membaca, menulis, mengerti dan mengamalkan nila-nilai al-Qur’an dan Assunah dengan objektif dan bijak. Serta cakap berbahasa Arab baik pasif maupun aktif.

Lambang Bintang: Melambangkan nabi Muhammad SAW sebagai risalah  Islam dan rasul terakhir.

Lambang Al-Qur’an : Melambangkan sumber ajaran Islam  pertama yang relevan. Al-qur’an juga melambangkan bahwasanya Pondok Pesantren Assahil komitmen pada progam tahsin dan tahfidz al-Qur’an dan mencetak genarsi qur’ani yang responsif terhadap perkembangan zaman.   

Lambang Pohon  Kapas dan Padi : Melambangkan kesejehteraan bagi para santri dan seluruh

SDM  (Sumber Daya Manusi)  dibawah naunggan Pondok Pesantren Assahil.

Lambang Kuba dan Menara  Masjid : Melambangkan praktek keberislaman secara terbuka, damai, santun, toleran, memiliki kepercayaan diri yang tinggi sebagai umat Islam dan selalu optimis.