In House Training (IHT): “PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN” GURU ASSAHIL ISLAMIC BOARDING SCHOOL

Waway Karya,Lampung Timur – Assahil Islamic Boarding School telah mengadakan “In House Training”dengan tema“Peningkatan Mutu Pembelajaran” yang dilaksankan dan diikuti oleh semua guru, staf Tata Usaha dan Kepala Sekolah pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Assahil Islamic Boarding School yang laksanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 11 dan 12 Juli 2020.

Narasumber pada sesi pertama di sampaikan oleh Dr.H Erjati Abas M.Ag. dalam pelatihan ini beliau menyampaikan pedoman-pedoman dalam pengelolaan sekolah, disampaikan pula oleh beliau tentang pentingnya kerapihan dalam beradministrasi pada sebuah lembaga pendidikan dan peranan guru dalam pengelolaan administrasi sekolah.

Masih dihari pertama, pada sesi kedua, pelatihan dilanjutkan dengan narasumber Jumrotul Atiya, M.Pd dan team dengan tema “I Am A Teacher?”. Menjadi tema pembahasan yang menarik dalam pelatihan ini. Pada sesi ini para guru diajak untuk mengenali lebih jauh tentang seberapa pentingnya peran guru dalam menyertai peserta didik saat berada dalam lingkungan sekolah.

Pada hari kedua yang dilaksankan pada tanggal 12 Juli 2020, di sesi pertama, Jumratul Atiya dan team masih memberikan materi dengan tema “Class Room Management”. Pada sesi ini guru dituntut untuk lebih bisa mengeatur kelas dengan berbagai metode yang digunakan agar kelas dapat lebih kondusif dan lebih homely untuk peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Pada tingkat Sekolah Dasar, masih berlanjut dengan pemateri yang sama yaitu Jumrotul Atiya, M.Pd meberikan materi tentang “Class Display”.

Peserta terdiri dari seluruh guru yang ada pada jenjang SMP dan SMA, dengan tema “PemahamanKurikulum 2013 Dan PenerapanNyaDalamDunia Digital” yang disampaikan oleh Muhammad Khotib, M.Pd. Pada sesi ini, narasumber lebih menitikberatkan pada cara guru dalam meningkatkan kemampuan dalam mengelola dan menggunakan kurikulum K13 ini agar lebih sederhana dan lebih mudah untuk diaplikasikan menggunakan teknologi.

Kegiatan ini menjadi salah satu langkah yang dilakukan oleh yayasan  untuk mewujudkan perannya dalam meningkatkan mutu seluruh guru dan staf, serta sejalan dengan jargon yang dimilki oleh yayasan yaitu “Educate The World” . Besar harapan kami dengan adanya agenda tahunan dari yayasan Assahil ini akan berdampak positif pada seluruh guru dan staf akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran peserta didik.